Tangan Mudah Berkeringat, Gejala Apa?

Bagi yang sering mengalami tangan berkeringat pasti bertanya-tanya, apa sih penyebab tangan berkeringat? Jika masih dalam batas normal mungkin masih tidak mengganggu. Sayangnya, kondisi tangan berkeringat bisa membuat penderitanya menghabiskan banyak tisu hanya dalam beberapa menit karena banyaknya keringat yang harus dibasuh.
Tangan yang mudah berkeringat juga sering disangkutpautkan dengan penyakit jantung. Lemah jantung menjadi jawaban ‘aman’ yang umum diberikan mereka yang lahir dengan kondisi tangan mudah berkeringat. Padahal, belum tentu.

Kondisi telapak tangan yang mudah berkeringat padahal tidak sedang melakukan olahraga atau aktifitas berat disebut hiperhidrosis. Bukan hanya menimpa orang dewasa, namun anak-anak juga bisa tertimpa hiperhidrosis. Penyebabnya pun berbeda-beda antara orang dewasa dan anak- anak

Hiperhidrosis pada orang dewasa
Umumnya, jika hiperhidrosis terjadi pada orang dewasa merupakan gangguan hormonm adanya gangguan metabolism, penyakit saraf, penyakit jantung, infeksi, menopause, konsumsi obat- obatan tertentu, dan juga pecandu alkohol.

Hiperhidrosis pada anak-anak
Beda lagi, jika terjadi pada anak-anak merupakan kelainan lokal. Gejala ini hanya menyerang area tubuh tertentu. Penyebabnya bisa karena kelainan kelenjar keringat, kelainan saraf, kelainan pembuluh darah dan juga stres.

Sistem saraf hiperaktif juga bisa jadi alasan. Khusus untuk bagian telapak tangan yang berkeringat disebut dengan istilah medis Palmar Hyperhidrosis. Banyak yang sampai kehilangan rasa percaya diri karena menderita penyakit ini. Sistem saraf ini sendiri berfungsi mengelola berbagai macam fungsi dalam tubuh yang membentuk respon yang disebut dengan fight or flight.
Pada kondisi normal system saraf simpatis akan aktif ketika mendapat stimulus atau stressor dari luar, seperti ketika emas, takut, dan lain sebagainya. Tapi saat sistem saraf ini terganggu (hiperaktif) maka respon fight or fligh akan muncul pada situasi yang tidak tepat. Sehingga, tangan akan lebih mudah berkeringat dibanding sebelumnya.

Mengatasi penyakit ini susah-susah gampang. Akan lebih mudah jika sejak awal mengetahui apa penyebab yang memicu telapak tangan mudah berkeringat. Semua orang pernah mengalami kondisi tangan berkeringat, namun tidak semua berhubungan dengan saraf. Saran kedua agar terhindar dari penyakit ini adalah menghindari stres. Tidak bisa dipungkiri, bahwa stres dapat memicu berbagai macam penyakit, dan menghindari stres jadi kunci aman menghindarkan tubuh dari penyakit.

Terapkan pola hidup sehat sehari-hari juga bisa kamu jadikan tameng untuk terhindar dari penyakit telapak tangan basah. Jika kamu seorang konsumen alkohol, maka bisa juga kurangi konsumsi alkohol secara bertahap hingga benar-benar terbebas dari alkohol. Semakin parah tangan berkeringat dialami seseorang, akan semakin mahal harga perawatan tangan yang harus kamu keluarkan. Terapkan pola hidup sehat sejak dini jadi cara paling mudah menghindari segala penyakit. Hidup sehat, dimulai dari sekarang.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *