Suntik Vitamin C, Benarkah Dibutuhkan Oleh Tubuh?

Tubuh secara normal membutuhkan beraneka macam vitamin yang sudah punya tugas masing- masing dalam melindungi tubuh. Porsinya pun harus pas, tidak boleh kurang apalagi berlebihan, karena ditakutkan akan memberi dampak negatif pada tubuh. Kita mengenal banyak jenis vitamin, salah satunya vitamin C yang sudah punya banyak manfaat bagi tubuh.

Vitamin C atau asam askorbat jadi salah satu bagian penting yang dibutuhkan tubuh. Fungsinya adalah sebagai antioksidan yang bertugass melindungi kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas. Sumbernya bisa kamu dapatkan dari buah-buahan, sayuran, suplemen, atau bisa juga melalui suntik. Umumnya suntik vitamin C menggunakan asam askorbat berwarna jernih kekuningan. Metodenya bisa melalui otot, atau penyuntikan melalui pembuluh darah.

Dosis rata-rata suntik vitamin C bagi orang dewasa adalah 70-150 mg. Sedangkan bagi orang- orang yang kekurangan vitamin C dianjurkan menggunakan dosis harian sebanyak 300 mg hingga 1 gram. Tubuh manusia juga punya limit dalam menerima suntikan benda asing ke dalam tubuh. Jika tubuh tidak kuat menerimanya, efeknya bisa menimbulkan keracunan. Suntik vitamin C tidak boleh dilakukan ssecara sembarangan dan harus diawasi oleh tenaga medis. Penderita ginjal pun dilarang melakukan suntik vitamin C karena justru akan membahayakan kesehatan.

Manfaat suntik vitamin C memang belum terbukti sepenuhnya, namun beberapa kemungkinan suntik vitamin C bisa dijelaskan sebagai berikut.
1. Mencegah tubuh kekurangan vitamin C
2. Membantu pembentukan kolagen yang memberikan kekuatan pada struktur tubuh
3. Menghambat sel kanker
4. Membantu merawat kulit

Dampak positif pasti datang seiring dengan dampak negatif. Penyuntikan vitamin C pada tubuh pun memiliki dampak negatif seperti thalassemia. Kondisi ini adalah kondisi kelainan darah di tubuh manusia di mana hemoglobin yang seharusnya terproduksi dalam jumlah cukup justru produksinya menurun. Sedangkan hemoglobin bertugas untuk membentuk sel darah merah dalam tubuh. Hormon tubuh pun akan terganggu kestabilannya. Kinerjanya mau tak mau akan membuat tubuh lebih mudah mengalami kegemukan.

Penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan sulitnya kinerja hati juga patut kamu waspadai. Hati akan terbebani karena kinerjanya lebih berat karena suntikan ini. faktanya penyuntikan yang dilakukan lebih dari sekali dalam seminggu akan membuat fungsi ginjal menurun.

Mengingat besarnya risiko suntik vitamin C, diwajibkan untukmu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis. Dokter akan melakukan tes terlebih dahulu dengan menyuntikkan sedikit serum untuk melihat tubuh bereaksi atau tidak dengan suntikan tersebut. Jika tubuh bereaksi dan cenderung menolak, lebih baik urungkan saja niatmu untuk melakukan suntik vitamin C. Harga body treatment satu ini termasuk tidak murah. Nggak mau kan rugi uang dan justru berpotensi terkena penyakit lain hanya karena memaksa suntik vitamin C?

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *