Jenis kain hijab yang nyaman sesuai penggunaannya.

Image result for kain hijab

Hijab merupakan salah satu pendukung outfit yang sangat penting untuk seorang muslimah, apalagi trend penggunaan hijab setiap tahunnya memang selalu mengalami perkembangan begitupun fashion yang ikut mengalami perkembangan dan selalu bermetamorfosa Pentingnya penggunaan hijab merupakan sebuah kewajiban yang memang harus selalu digunakan oleh wanita musilim, maka tidak heran untuk seorang wanita pengguna hijab pasti memiliki berbagai koleksi hijab dengan berbagai jenis macam bahan dan juga model pula. Setiap penggunaan hijab pun biasanya disesuaikan dengan waktu dan tempat dimana anda menggunakannya, sehingga siapapun yang menggunakannya akan merasa sangat nyaman dan lebih percaya diri.

Saat ini jenis kain yang biasa digunakan sebagai bahan dasar hijab memang beraneka ragam, dan untuk seorang wanita muslim biasanya memang hanya mengenal beberapa jenis kain saja, padahal jika kita telusuri lebih dalam lagi, ternyata bahan hijab ini memiliki jenis yang cukup banyak, namun hanya beberapa saja mungkin yang baru mengetahuinya. Hijab juga memiliki karakteristik bahannya masing-masing, ada yang kaku dan juga ada yang sangat lembut serta jatuh saat dipakai. Kemungkinan wanita Indonesia lebih mengenal dengan bahan katun, rayon sifon dan juga satin. Bahan tersebut memang seringkali digunakan sebagai bahan hijab untuk digunakan sehari-hari. Misalnya untuk pergi ke pesta, pergi ke kampus atau pergi ke beberapa acara formal.

Baca juga: 5 Gaya Sepatu Andalan 2018

Yang perlu anda ketahui, bahwa penggunaan hijab serta jenis kain tersebut perlu disesuaikan juga ternyata dengan kondisi cuaca tempat kita tinggal, serta kemana kita akan pergi dengan menggunakan bahan hijab tersebut, sehingga sebagai pengguna hijab anda pun akan merasa nyaman untuk menggunakannya. Namun pernahkan anda merasa tidak nyaman saat menggunakan hijab? Atau bahkan malah merasa tidak percaya diri ketika menggunakan hijab saat iitu. Hal itu pun kemungkinan bukan saja faktor dari model hijab yang sedang digunakan, namun karena bahan yang anda gunakan saat itu tidak sesuai dengan kondisi atau cuaca tempat anda dalam melakukan aktivitas. Untuk itu agar lebih jelas kenali terlebih dahulu berbagai bahan serta penggunaan hijab tersebut. diantaranya:

  • Rayon

Kain rayon merupakan jenis kain yang terbuat dari sebuah serat alami atau bisa juga terdiri dari serat kain buatan.  Untuk jenis kain rayon ini yang paling sering dipakai untuk bahan hijab adalah jenis kain rayon super dan juga rayon gerimis. Jika kita perhatikan mengenai detailnya, untuk jenis kain rayon memang hampir mirip dengan kain katun yang biasa kita gunakan sehari-hari, karena tekstur dari kain itu sendiri sangatlah halus. Saat menggunakan kain rayon ini juga pengguanya akan merasa nyaman, karena terasa dingin dan juga halus. Ditambah lagi kain rayon menyerap keringat sehingga cocok digunakan untuk anda yang tinggal di daerah bercuaca panas, karena anda tidak akan merasa kegerahan saat menggunakan hijab dengan bahan rayon.

Baca juga: Tips Memilih Sepatu Berdasarkan Bentuk Tubuh dan Kaki

  • Sifon

Kain sifon merupakan jenis kain yang terbuat dari serat kapas, kain ini jika dipegang terasa sangat halus, kain sifon jug meerupakan jenis kain yang paling banyak disukai untuk oleh para hijabers, karena tekstur kain yang ringan dan juga lembut serta bisa mengikuti bentuk tubuh. Namun jika tidak dikombinasikan dengan jenis kain lain biasanya jenis kain sifon ini akan terasa panas saat digunakan. Penggunaan kain sifon ini sangat cocok dipakai untuk anda yang akan datang ke beberapa acara formal, namun untuk kegiatan aktivitas sehari-hari pun cukup pas digunakan karena jenis kainnya tidak menyerap keringat sehingga tidak cocok digunakan untuk anda yang tinggal di daerah yang cuaca panas, karena tidak akan nyaman saat digunakan.

 

  • Ceruti

Kain ceruti merupakan jenis kain yang memang sangat popular juga dikalangan para hijabers, kain ini juga mengandung bahan sutera yang cukup lembut, sehingga akan sangat pas digunakan untuk anda para hijabers yang ingin tampil dengan elegant namun tidak begitu menonjolkan diri anda. untuk jenis kain ceruti ini biasanya memiliki tekstur yang seperti kulit jeruk, dan tidak bisa menyerap keringat, sehingga untuk anda yang menggunakan kain hijab yang terbuat dari ceruti tidak bisa menggunakannya di tempat yang panas,  sebaiknya memang digunakan untuk acara formal, seperti di dalam ruangan.

 

  • Hycon

Untuk jenis kain hycon ini memang memiliki bentuk dan juga tekstur yang hampir sama dengan sifon. Namun perbedaannya dengan kain sifon memang lebih lembut daripada kain hycon, untuk jenis kain hycon ini memiliki serat yang jauh lebih rapat dan juga halus, bahannya halus dan juga licin serta jatuh dan tidak begitu mengembang sehingga akan langsung mengikuti bentuk tubuh, namun untuk disarankan saat menggunakan jenis kain hijab ini sebaiknya anda menggunakan ciput, karena bahannya yang begitu licin, dan penggunaan hijab dari hycon ini biasanya lebih banyak digunakan untuk bahan hijab syar’i dengan model two layer, karena jenis bahannya yang memang cukup tipis.

 

  • Voile

Untuk jenis bahan voile ini memiliki tekstur kain yang sangat lembut dan juga halus. Bahan ini terbuat dari serat kapas, polyster serta  rayon. Untuk penggunaan hijab yang terbuat dari bahan voile ini memang sangat cocok digunakan saat siang hari atau bisa juga digunakan untuk luar ruangan hal ini dikarenakan tekstur nya yang sangat halus dan juga lembut, namun kekurangan dari kain ini memang tidak begitu lentur sehingga bagi anda yang tidak terbiasa menggunakannya akan merasa kesulitan saat akan mengkreasikan hijab dari voile ini.

 

  • Satin

Untuk jenis kain satin ini memiliki tekstur yang sangat licin dan juga lembut, khas warnanya sangat mengkilap dengan warna cerah dan juga gelap, namun meski pada bagian luar terlihat sangat licin dan lembut, tapi untuk bagian dalam kain tidak begitu lembut dan juga licin, untuk bahan satin ini biasanya digunakan untuk model hijab segi empat ataupun model pashmina. Penggunananya sendiri sangat cocok digunakan untuk anda yang seringkali datang ke acara formal, karena saat menggunakan hijab satin ini anda akan terlihat lebih elegant dan juga mewah, apalagi saat memantulkan pada sudut cahaya, akan tampak sangat cantik dilihat, dengan  perpaduan warna gradasinya memang sangat cocok digunakan ke acara formal seperti acara kondangan atau pesta.

 

Kain sutera ini tentunya memiliki harga jual yang sangat tinggi untuk sebuah hijab, karena memang berbeda dengan jenis bahan hijab lainnya, hal ini juga dikarenakan kualitas hijab sutera sangat baik dan terbuat dari benang sutera yang sulit untuk ditemukan, untuk tekstur kain sutera ini cukup tipis dan juga terasa sangat lembut jika disentuh, sehingga akan sangat nyaman digunkaan untuk aktivitas sehari-hari, anda pun tidak akan merasa kegerahan saat menggunakannya serta cocok digunakan untuk berbagai acara seperti acara formal maupun acara berkelas lainnya.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *