Baju Sering Apek? Sudahlah Kamu Melakukan Hal Ini?

Hasil gambar untuk pakaian tennis pria

Rasa-rasanya baju sudah dicuci dengan baik dan benar, dijemur-pun juga sudah di bawah sinar matahari. Tapi kok baju malah bau apek ya?

Yang membuat makin sedih adalah baju-baju kesayangan itu sering dipakai untuk bertemu orang. Malu dong kalau bau apek. Bau apek meskipun sudah diberi parfum tetap meninggalkan bau yang tak enak.

Belum lagi kalau baju olahraga. Contohnya baju tennis, dimana harga pakaian tennis pria maupun wanita itu sulit kalau dibilang murah (tapi sungkan kalau mau langsung bilang mahal). Bayangkan sudah harga pakaian tennis pria dan wanita itu gak murah, eh malah bau apek. Tengsin bukan main, sukses bikin bete.

Nah, sebenarnya apa sih yang harus dilakukan supaya baju tak bau apek?

  1. Peraturan pertama supaya baju tak bau apek adalah jangan memakai deterjen terlalu banyak saat mencuci

Hayo ngaku siapa yang suka memberikan deterjen lebih dari takaran karena menganggap hasil pakaiannya akan jadi lebih bersih? Pasti banyak banget deh yang kaya gini. Tahu gak sih, bukannya membuat baju makin bersih, tapi kalau pakai deterjen berlebihan itu malah akan meninggalkan bekas deterjen dan membuat noda bermunculan di baju. Nah lho! Sisa-sisa deterjen yang menempel inilah yang rupanya jadi biang apek. Mulai sekarang ikuti takaran yang sesuai saat mencuci baju dan bilaslah dengan air yang cukup agar bau apek pergi jauh.

  1. Bersihkan bagian dalam mesin cuci dengan teratur

Beberapa mesin cuci sudah dilengkapi sistem alarm yang memberi tahu kalau tabung mesin cuci sudah kotor dan harus dibersihkan. Namun, ada beberapa mesin cuci yang tidak dilengkapi alarm ini. Sebagai pemilik, kamu harus jeli melihat kebersihan mesin cucimu. Sikat bagian dalamnya dengan sikat berbahan lembut, pakai sedikit sabun dan air hangat untuk mebersihkan serta lap hingga bersih.

Mesin cuci yang kotor memiliki sisa-sisa sabun yang mengendap dan tersembunyi di sela-sela dalam mesin cuci. Sisa sabuun inilah yang jadi penyebab bajumu bau apek.

  1. Untuk pemakaian mesin cuci nih, seusai mencuci jangan langsung tutup mesin cucimu

Saat mencuci menggunakan mesin cuci, biasanya ada beberapa kotoran atau sisa sabun dan air yang masih belum mengering sempurna. Kalau kamu langsung menutup mesin cuci seusai mencuci, bekas air dan deterjen tadi akan sulit hilang dan akhirnya menyebabkan bau tak sedap pada mesin cucimu. Bau tak sedap ini yang nantinya membuat bajumu apek. Bukalah mesin cuci agar ada sirkulasi udara yang masuk sehingga air bisa mengering dan sisa deterjen ikut menguap.

Bagaimana, sudah tahu kan kalau ternyata penyebab baju bau apek ternyata gak nekoneko tapi justru dari ulah kita sendiri. Semoga tips tadi bisa membantu membuat baju-bajumu tak apek lagi.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *